Analisis Eliminasi Multiple Menggunakan Metode F-K Filter dan Transformasi Radon Parabola

  • Khayrunnisa Agustina
  • Wahyu Triyoso Kelompok Keahlian Geofisika Global, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Institut Teknologi Bandung, Indonesia

Keywords

multiple, F-K Filter, Transformasi Radon Parabola

Abstract

Penjalaran gelombang seismik di dalam bumi terpengaruh oleh banyak faktor atau noise yang menyebabkan distorsi, salah satunya adalah gelombang multiple. Gelombang multiple pada beberapa kasus mengganggu citra dari penampang seismik sehingga dapat menyebabkan kesalahan pada saat interpretasi data. F-K Filter dan Transformasi Radon Parabola merupakan metode yang dapat digunakan untuk mengeliminasi multiple yang memanfaatkan perbedaan moveout antara event primer dan multiple dengan mengubah data dari domain t-x ke domain lain setelah sebelumnya dilakukan koreksi NMO. Metode F-K Filter dan Transformasi Radon Parabola diaplikasikan pada data sintetik seismik 2D untuk melihat kelebihan dan kekurangan kedua metode tersebut dalam mengeliminasi multiple dan melihat efek padatrendnilai amplitudo sebelum dan sesudah dilakukan proses eliminasi. Hasil menunjukkan bahwa Transformasi Radon Parabola lebih baik daripada F-K Filter dalam mengeliminasi multiple karena F-K Filter masih menyisakan multiple yang cukup kuat terutama pada near offset.

References

[1] Sheriff, R.E. 2002. Encyclopedic Dictionary of Applied Geophysics, Fourth Edition. Society of Exploration Geophysicists.
[2] Taner, M.F. dan Koehler, F. 1969. Velocity Spectra-Digital Computer Derivation and Application of Velocity Functions. Geophysics, 34, 859-881.
[3] Verschuur, D.J. 2006. Seismic Multiple Removal Techniques: Past, Present and Future. European Association of Geoscientist and Engineers.
[4] Yilmaz, O. 1987. Seismic Data Processing: Processing, Inversion, and Interpretation of Seismic Data. Society of Exploration Geophysicists.
[5] Yilmaz, O. 2001 Seismic Data Analysis: Processing, Inversion, and Interpretation of Seismic Data. Society of Exploration Geophysicists: Tulsa.
Published
Nov 18, 2019
How to Cite
AGUSTINA, Khayrunnisa; TRIYOSO, Wahyu. Analisis Eliminasi Multiple Menggunakan Metode F-K Filter dan Transformasi Radon Parabola. Jurnal Geofisika, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 27-3, nov. 2019. ISSN 2477-6084. Available at: <https://jurnal-geofisika.or.id/index.php/jurnal-geofisika/article/view/399>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.36435/jgf.v15i1.399.